08 Juli 2009

Ibadah Itu Apa?

"Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia, melainkan untuk beribadah kepada-Ku."

Begitu kira-kira bunyi ayat yang sering kita dengar di pengajian-pengajian di kampung, atau kita baca pada brosur-brosur atau sering juga jadi prolog dari sebuah buku atau majalah-majalah Islam. Bahkan kita sampai hafal versi Arabnya di luar kepala. Nah, ayat ini juga yang kemudian dipakai oleh orang-orang yang berpikiran dangkal untuk melegalisir kemalasan, dan sebangsanya. Pada kalimat "liya'buduun" pada ayat diatas menggunakan huruf istisna' yang berfungsi sebagai pembatas. Sehingga diartikan sebagai "hanya", "cuma untuk". Karena itulah, mereka beralasan bahwa hidup di dunia untuk beribadah saja, mencari bekal untuk hidup di akhirat. Jadi tidak perlu bekerja atau menuntut ilmu, karena hal-hal itu hubungannya di dunia, gak ngaruh di akhirat.
Tapi sebenarnya, ibadah itu apa sih?

Dalam kitab Ushul Fiqh, waktu masih sekolah dulu, dikatakan bahwa ibadah itu adalah: "Segala sesuatu, yang menyangkut perkataan atau perbuatan yang disenangi dan diridhoi Allah."

Jadi berdasarkan kaidah tersebut, kita tahu bahwa apapun yang kita lakukan di dunia -apakah itu bekerja atau menuntut ilmu- bila itu halal dan diniatkan untuk mencari keridhoan-Nya, maka yakinlah, itu bernilai ibadah.

Tidak ada komentar: